PROGRAM PEMBELAJARAN
Program pembelajaran yang dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Safinatul huda :
1. Aspek perkembangan Anak Usia Dini
Cakupan Standar Perkembangan Anak Usia Dini terdiri atas pengembangan aspek-aspek sebagai berikut.
a. Moral dan nilai-nilai agama
b. Social, emosional dan kemandirian
c. Bahasa
d. Kognitif
e. Fisik /Motorik
f. Seni
2. Standar Kompetensi
Standar perkembangan perusia disususn dalam rentangan usia dan disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan anak. Standar perkembangan perusia ini dapat digunakan sebagai dasar untuk melihat pencapaian tahapan perkembangan anak pada tahapan usia tertentu.
Rentangan Standar Perkembangan Perusia
![]()
Aspek
|
Usia
1 tahun
|
Usia
2 tahu
|
Usia
3 tahun
|
Usia
4 tahun
|
Usia
5 tahun
|
Usia
6 tahu
|
Moral dan Nila-nilai Agama
|
Anak mampu memperhatikan prilaku keagamaan
|
Anak mulai meniru prilaku keagamaan secara sederhana dan mulai mengekspresikan rasa saying dan cinta kasih
|
Anak mampu meniru secara terbatas prilaku keagamaan yang dilihat dan didengarnya
Mulai meniru prilaku baik dan sopan.
|
Anak mampu meniru dan mengucapkan bacaan do`a/lagu-lagu keagamaan dan gerakan beribadah secara sederhana, mulai berprilaku baik atau sopan bila diingatkan.
|
Anak mampu mangucapkan bacaan do`a/lagu-lagu keagamaan, meniru, meniru gerakan beribadah, mengikuti aturan serta mampu belajar berprilaku baik dan sopan bila di ingatkan.
|
Anak mampu melakukan prilaku keagamaan secara berurutan dan mulai belajar membedakan prilaku baik dan sopan
|
Sosial Emosiaonal dan kemandirian
|
Anak ampu berinteraksi dan merespon kehadiran orang lain
|
Anak mampu berinteraksi dengan lingkungan terdekatnya (keluarga) dan menunjukan keinginannya.
|
Anak mampu berinteraksi dan mengenal dirinya dan menunjukan keinginannya.
|
Anak mampu berinteraksi dapat menunjukan reaksi emosi yang wajar, serta mulai menunjukan rasa percaya diri.
|
Anak mampu berinteraksi, mulai dapat mangendalikan emosinya, mulai menunjukan rasa percaya diri, serta mulai dapat menjaga diri sendiri.
|
Anak mampu berinteraksi dan mulai mematuhi aturan, dapat mengendalikan emosinya, menunjukan rasa percaya diri dan dapat menjaga diri sendiri.
|
Kognitif
|
Anak ampu menyadari keberadaan benda yang tidak dilihatnya.
|
Anak mampu berekplorasi terhadap benda yang ada disekitarnya
|
Anak mampu mengenal benda dan memanipulasi objek benda
|
Anak mampu mengenal konsep sederhana dan dapat menglkasifikasi
|
Anak mampu mengenal dan memahami berbagai konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
|
Anak mampu memahami konsep sederhana dan dapat memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
|
Bahasa
|
Anak mampu merespon suara dan mengucapkan satu kata yang bermakna
|
Anak mampu mengenal isyarat dan perkataan orang lain serta mengucapan keinginannya secara sederhana.
|
Anak dapat mendengarkan dan berkomunikasi secara lisan dengan kalimat sederhana
|
Anak dapat medengarkan ,berkomunikasi secara lisan serta sereta memiliki kosa kata yang semakin banyak
|
Anak dapat berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata- kata dan mengenal sombol-simbol
|
Anak dapat berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
|
Fisik/ Motorik
|
Anak mampu menggerakan tangan, kaki, lengan, kepala dan badan.
|
Anak mampu menggerakan anggota tubuhnya (latihan kekuatan otot tangan, otot punggung dan otot kaki) untuk menjaga keseimbangan
|
Anak mampu melakukan gerakan seluruh anggota tubuhnya secara terkoordinasi.
|
Anak mampu melakukan gerakan secara terkoordinasi untuk kelenturan dan keseimbangan.
|
Anak mampu melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk kelenturan, kelincahan dan keseimbangan
|
Anak mampu melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi kelenturan sebagai keseimbangan dan kelincahan
|
Seni
|
Anak mampu bereaksi terhadap irama yang didengarnya.
|
Anak mampu meniru suara dan gerak secara sederhana
|
Anak mampu melakukan berbagai gerakan anggota tubuhnya sesuai dengan irama, dapat mengekspresikan diri dalam bentuk goresan sederhana
|
Anak mampu melakukan berbagai gerakan sesuai irama, menyajikan dan memperkaya seni
|
Anak mampu mengekspresikan diri dengan menggunakan berbagai media/bahan dalam berkarya seni melalui kegiatan ekplorasi
|
Anak mampu mengekpresikan diri dan berkreasi dengan berbagai gagasan imajinasi dan menggunakan berbagai media/bahan menjadi suatu karya seni.
|
- Cakupan program pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini
No
|
Program Pembelajaran
|
Cakupan
|
1
|
Agama dan Akhlak mulia
|
Peningkatan potensi spiritual peserta didik melalui contoh pengalaman dari pendidik agar menjadfi kebiasaan sehari-hari, baik didalam maupun diluar sekolah, sehingga menjadi bagian dari budaya sekolah
|
2
|
Sosial dan kepribadian
|
Pembentukan kesadaran dan wawasan peserta didik atas hak dan kewajibannya sebagai warga masyarakat dan dalam interaksi social serta pemahaman terhadap diri sebagai manusia sehingga memiliki rasa percaya diri.
|
3
|
Pengetahuan dan tehnologi
|
Mempersiapkan peserta didik secara akademik memasuki SD /MI atau bentuk lain yang sederajat dengan menekankan pada penyiapan kemampuan berkomunikasi melalui berbicara, mendengarkan, pra membaca, pra menulis dan pra berhitung yang harus dilaksanakan secara berhati-hati, tidak memaksa dan menyenangkan sehingga anak menyukai belajar.
|
4
|
Estetika
|
Meningkatkan sensitifitas, kemampuan mengekspresikan diri dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni yang terwujud dalam tingkah laku keseharian.
|
5
|
Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
|
Meningkatkan potensi fisik dan menanamkan sportifitas serta kesadaran hidup sehat dan bersih.
|
- Struktur Program Pembelajaran
Bidang Pengembangan
|
Alokasi Waktu*
| |
A. Pembiasaan.
|
| |
B. Kemampuan Dasar
|
| |
Jumlah jam perminggu
|
24 Jam Pelajaran
|
- Perencanaan semester berdasarkan tema
Tema semester I
No
|
Tema
|
Perkiraan waktu*
|
1
|
Diri Sendiri
|
3 Minggu
|
2
|
Lingkunganku
|
4 Minggu
|
3
|
Kebutuhanku
|
4 Minggu
|
4
|
Binatangku
|
3 Minggu
|
5
|
Tanaman
|
3 Minggu
|
Jumlah
|
17 Minggu
|
Tema Semester II
No
|
Tema
|
Alokasi Waktu*
|
1
|
Rekreasi
|
4 Minggu
|
2
|
Pekerjaan
|
3 Minggu
|
3
|
Kebutuhanku
|
2 Minggu
|
4
|
Alat Komunikasi
|
2 Minngu
|
5
|
Tanah Airku
|
3 Minggu
|
6
|
Alam semesta
|
3 Minggu
|
Jumlah
|
17 Minggu
|
JADWAL KEGIATAN
Jadwal Pelaksanaan Pembelajaran Per-Minggu
No
|
Hari
|
Waktu
|
Aspek Pengembangan
|
Ketetangan
|
1
|
Senin
|
08.00 - 10.00
|
Moral dan Nilai-Nilai Agama
Bahasa
|
4 Jam
|
2
|
Selasa
|
08.00 - 10.00
|
Sosial, Emosional dan Kemandirian
Kognitif
|
4 Jam
|
3
|
Rabu
|
08.00 - 10.00
|
Bahasa
Kognitif
|
4 Jam
|
4
|
Kamis
|
08.00 - 10.00
|
Bahasa
Kognitif
|
4 Jam
|
5
|
Jum`at
|
08.00 - 09.00
|
Moral dan Nilai-Nilai Agama
|
4 Jam
|
6
|
Sabtu
|
08.00 - 10.00
|
Fisik/Motorik
Seni
|
4 Jam
|
Jumlah Jam Pembelajaran Perminggu
|
24 Jam
|
*) catatan:
Pelaksanaan Pembelajaran diekwivalensi 1 jam pembelajaran = 30 menit