PROGRAM PEMBELAJARAN TK SAFINATUL HUDA


PROGRAM PEMBELAJARAN


  Program pembelajaran yang dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Safinatul huda :
1.         Aspek perkembangan Anak Usia Dini
Cakupan Standar Perkembangan Anak Usia Dini terdiri atas pengembangan aspek-aspek sebagai berikut.
a.       Moral dan nilai-nilai agama
b.      Social, emosional dan kemandirian
c.       Bahasa
d.      Kognitif
e.       Fisik /Motorik
f.       Seni

2.         Standar Kompetensi
Standar perkembangan perusia disususn dalam rentangan usia dan disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan anak. Standar perkembangan perusia ini dapat digunakan sebagai dasar untuk melihat pencapaian tahapan perkembangan anak pada tahapan usia tertentu.

Rentangan Standar Perkembangan Perusia

Usia/Umur
Aspek
Usia
1 tahun
Usia
2 tahu
Usia
3 tahun
Usia
4 tahun
Usia
5 tahun
Usia
6 tahu
Moral dan Nila-nilai Agama
Anak mampu memperhatikan prilaku keagamaan
Anak mulai meniru prilaku keagamaan secara sederhana dan mulai  mengekspresikan  rasa saying dan cinta kasih
Anak mampu meniru secara terbatas prilaku keagamaan yang dilihat dan didengarnya
Mulai meniru prilaku baik dan sopan.
Anak mampu meniru dan mengucapkan bacaan do`a/lagu-lagu keagamaan dan gerakan beribadah secara sederhana, mulai berprilaku baik atau sopan bila diingatkan.
Anak mampu mangucapkan bacaan do`a/lagu-lagu keagamaan, meniru, meniru gerakan beribadah, mengikuti aturan serta mampu belajar berprilaku baik dan sopan bila di ingatkan.
Anak mampu melakukan prilaku keagamaan secara berurutan dan mulai belajar membedakan prilaku baik dan sopan
Sosial Emosiaonal dan kemandirian
Anak ampu berinteraksi  dan merespon kehadiran orang lain
Anak mampu berinteraksi dengan lingkungan terdekatnya (keluarga) dan menunjukan keinginannya.
Anak mampu berinteraksi dan mengenal dirinya dan menunjukan keinginannya.
Anak mampu berinteraksi dapat menunjukan reaksi emosi yang wajar, serta mulai menunjukan rasa percaya diri.
Anak mampu berinteraksi, mulai dapat mangendalikan emosinya, mulai menunjukan rasa percaya diri, serta mulai dapat menjaga diri sendiri.
Anak mampu berinteraksi dan mulai mematuhi aturan, dapat mengendalikan emosinya, menunjukan rasa percaya diri dan dapat menjaga diri sendiri.
Kognitif
Anak ampu menyadari keberadaan benda yang tidak dilihatnya.
Anak mampu berekplorasi terhadap benda yang ada disekitarnya
Anak mampu mengenal benda dan memanipulasi objek benda
Anak mampu mengenal konsep sederhana dan dapat menglkasifikasi
Anak mampu mengenal dan memahami berbagai konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
Anak mampu memahami konsep sederhana dan dapat memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
 Bahasa
Anak mampu merespon suara dan mengucapkan satu kata yang bermakna
Anak mampu mengenal isyarat dan perkataan orang lain serta mengucapan keinginannya secara sederhana.
Anak dapat mendengarkan dan berkomunikasi secara lisan dengan kalimat sederhana
Anak dapat medengarkan ,berkomunikasi secara lisan serta sereta memiliki kosa kata yang semakin banyak
Anak dapat berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata- kata dan mengenal sombol-simbol
Anak dapat berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
Fisik/ Motorik
Anak mampu menggerakan tangan, kaki, lengan, kepala dan badan.
Anak mampu menggerakan anggota tubuhnya (latihan kekuatan otot tangan, otot punggung dan otot kaki) untuk menjaga keseimbangan
Anak mampu melakukan gerakan seluruh anggota tubuhnya secara terkoordinasi.
Anak mampu melakukan gerakan secara terkoordinasi untuk kelenturan dan keseimbangan.
Anak mampu melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk kelenturan, kelincahan dan keseimbangan
Anak mampu melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi  kelenturan sebagai keseimbangan dan kelincahan

Seni
Anak mampu bereaksi terhadap irama yang didengarnya.
Anak mampu meniru suara dan gerak secara sederhana
Anak mampu melakukan berbagai gerakan anggota tubuhnya sesuai dengan irama, dapat mengekspresikan diri dalam bentuk goresan sederhana
Anak mampu melakukan berbagai gerakan sesuai irama, menyajikan dan memperkaya seni
Anak mampu mengekspresikan diri dengan menggunakan berbagai media/bahan dalam berkarya seni melalui kegiatan ekplorasi
Anak mampu mengekpresikan  diri dan berkreasi dengan berbagai gagasan imajinasi dan menggunakan berbagai media/bahan menjadi suatu karya seni.



  1. Cakupan program pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini
No
Program Pembelajaran
Cakupan
1
Agama dan Akhlak mulia
Peningkatan potensi spiritual peserta didik melalui contoh pengalaman dari pendidik agar menjadfi kebiasaan sehari-hari, baik didalam maupun diluar sekolah, sehingga menjadi bagian dari budaya sekolah
2
Sosial dan kepribadian
Pembentukan kesadaran dan wawasan peserta didik atas hak dan kewajibannya sebagai warga masyarakat dan dalam interaksi social serta pemahaman terhadap diri sebagai manusia sehingga memiliki rasa percaya diri.
3
Pengetahuan dan tehnologi
Mempersiapkan peserta didik secara akademik memasuki SD /MI atau bentuk lain yang sederajat dengan menekankan pada penyiapan kemampuan berkomunikasi melalui berbicara, mendengarkan, pra membaca, pra menulis dan pra berhitung yang harus dilaksanakan secara berhati-hati, tidak memaksa dan menyenangkan sehingga anak menyukai belajar.
4
Estetika
Meningkatkan sensitifitas, kemampuan mengekspresikan diri dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni yang terwujud dalam tingkah laku keseharian.
5
Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
Meningkatkan potensi fisik dan menanamkan sportifitas serta kesadaran hidup sehat dan bersih.


  1. Struktur Program Pembelajaran
Bidang Pengembangan
Alokasi Waktu*
A.  Pembiasaan.
  1. Moral dan Nilai-nilai Agama
  2. Sosial, Emosional dan Kemandirian

B.  Kemampuan Dasar
  1. Berbahasa
  2. Kognitif
  3. Fisik /Motorik
  4. Seni

Jumlah jam perminggu

24 Jam Pelajaran


  1. Perencanaan semester berdasarkan tema
Tema semester I
No
Tema
Perkiraan waktu*
1
Diri Sendiri
3 Minggu
2
Lingkunganku
4 Minggu
3
Kebutuhanku
4 Minggu
4
Binatangku
3 Minggu
5
Tanaman
3 Minggu
Jumlah
17 Minggu

Tema Semester II
No
Tema
Alokasi Waktu*
1
Rekreasi
4 Minggu
2
Pekerjaan
3 Minggu
3
Kebutuhanku
2 Minggu
4
Alat Komunikasi
2 Minngu
5
Tanah Airku
3 Minggu
6
Alam semesta
3 Minggu
Jumlah
17 Minggu






JADWAL KEGIATAN

Jadwal Pelaksanaan Pembelajaran Per-Minggu

No
Hari
Waktu
Aspek Pengembangan
Ketetangan
1
Senin
08.00 - 10.00
Moral dan Nilai-Nilai Agama
Bahasa
4 Jam
2
Selasa
08.00 - 10.00
Sosial, Emosional dan Kemandirian
Kognitif
4 Jam
3
Rabu
08.00 - 10.00
Bahasa
Kognitif
4 Jam
4
Kamis
08.00 - 10.00
Bahasa
Kognitif
4 Jam
5
Jum`at
08.00 - 09.00
Moral dan Nilai-Nilai Agama
4 Jam
6
Sabtu
08.00 - 10.00
Fisik/Motorik
Seni
4 Jam
Jumlah Jam Pembelajaran Perminggu

24 Jam

*) catatan:
Pelaksanaan Pembelajaran diekwivalensi 1 jam pembelajaran = 30 menit